Senin, 05 Januari 2015

MAKALAH DESAIN GRAFIS


SEMOGA BERMANFAAT BAGI SOBAT





Kata Pengantar

           Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan makalah mengenai Desain Grafis ini dapat terselesaikan dengan begitu baik. Tujuan pembuatan makalah ini karena berdasarkan tugas dalam mata kuliah  Desain grafis
            Dalam makalah ini tersusun beberapa hal dalam hubungannya tentangDesain Grafis. Didalam makalah ini kita dapat mempelajari tentang Pengertian dariDesain Grafis, Software-software yang digunakan dalam Desain Grafis, serta Aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai dalam membuat Desain Grafis.
            Akhir kata, kirannya makalah ini dapat menambah wawasan kita mengenaiDesain Grafis dan dapat dipergunakan dengan semestinya



Metro,  September 2011


Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
B.    Sejarah dan perkembangan desain grafis........................................... ....... 2
C.   Program pengolah grafis.................................................................... ....... 6
D.    Ruang lingkup pekerjaan desain grafis.............................................. ....... 7
1.     Dimana saja desain grafis bisa bekerja
E.    Langkah-langkah untuk menjadi seorang desain grafis............................... 8
1.     Software pengolah grafis yang perlu dikuasai-
Oleh seorang desain grafis
F.     Tips-tips belajar desain grafis secara otodidak.......................................... 9
BAB II SIMPULAN........................................................................................ ..... 10
Simpulan............................................................................................................ ..... 10
Saran................................................................................................................. ..... 11
DAFTAR PUSTAKA

 
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Desain grafis
Banyak orang seringkali bingung dengan beberapa istilah yang hampir sama. Kita seringkali mendengar tentang istilah yang hampir mirip selain desain komunikasi visual, yaitu desain grafis dan seni grafis.
Istilah desain komunikasi visual sendiri sudah dijelaskan di atas. Sedangkan desain grafis sendiri memang salah satu istilah yang paling sering disalahtukarkan dengan Desain komunikasi visual. Memang keduanya sangat berhubungan erat, namun sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya.
Desaingrafisatau Graphic Design.Kata grafismenurutetimologiadalahberasaldari kata graphic (bahasaInggris) yang berasaldaribahasa Latin graphē (yang diadopsi kata Yunanigraphos), yang berartimenulis, menggoresataumenggambardiatasbatu.
            Desainsendirimerupakan proses pemikirandanperasaan yang akanmenciptakansesuatu, denganmenggabungkanfakta, konstruksi, fungsidanestetikauntukmemenuhikebutuhanmanusiaatauDesaingrafisjuga bias diartikansuatukonseppemecahanmasalahrupa, warna, bahan, teknik, biaya, gunadanpemakaian yang diungkapkandalamgambardanbentuk.
Dalamdesaingrafismasalahnyamencakupberbagaibidangsepertiteknikperencanaangambar, bentuk, simbol, huruf, fotografidan proses cetakdisertai pula denganpengetahuantentangbahandanbiaya. BiasanyaDesaingrafisbiasanyaditerapkanuntuk media-media statis, sepertibuku, majalah, danbrosurtetapisejalandenganperkembanganzaman, desaingrafisjugaditerapkandalam media elektronik, yang sering kali disebutsebagaidesaininteraktifataudesain multimedia.
Tujuandesaingrafisselainmenciptakandesainatauperencanaanfungsionalestetis, namunjuga yang informatifdankomunikatifdenganmasyarakat yang dilengkapi pula denganpemahamanmengenaipsikologimassadanteori-teoripemasaran, sehinggakarya-karyadesaingrafisinibisamerupakanalatpromosi yang ampuh.
Dari sinilahDesaingrafisjugasepertijenisdesainlainnyamerujukkepada proses pembuatan, metodamerancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplinilmu yang digunakan (desain).
B.     Sejarahdanperkembangandesaingrafis

GarisWaktuSejarahDesainGrafis

Desain grafis berkembang pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan dan mesin cetak. Perjalanandesaindangayahuruflatinmulaiditerapkanpadaawalmasakejayaankerajaan ROMAWI. KejayaankerajaanRomawi di abadpertama yang berhasilmenaklukkanYunani, membawaperadabanbarudalamsejarah Barat dengandiadaptasikannyakesusasteraan, kesenian, agama, sertaalfabet Latin yang dibawadariYunani.Padaawalnyaalfabet Latin hanyaterdiridari 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, V, dan X, kemudianhuruf Y dan Z ditambahkandalamalfabet Latin untukmengakomodasi kata yang berasaldaribahasaYunani. Tigahuruftambahan J, U dan W dimasukkanpadaabadpertengahansehinggajumlahkeseluruhanalfabet Latin menjadi 26.
Ketikaperguruantinggipertama kali berdiri di Eropapadaawalmileniumkedua, bukumenjadisebuahtuntutankebutuhan yang sangattinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan. Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat terpenuhi ewat bentuk huruf ini karena ketipis tebalannya dapat mempercepat kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan ramping, huruf-huruf tersebut dapat ditulisakan dalam jumlah yang lebih banyak diatas satu halaman buku.
Berikut ini adalah peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan desain grafis. Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan pada tahun 1447 dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
1851, The Great Exhibition
Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

1892, Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec

Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap ras manusia. Walaupun lithography ditemukan di Austria oleh Alois Senefelder pada tahun 1796, Toulouse-Lautrec membantu tercapainya peleburan industri dan seni.

1910, Modernisme

Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modern adalah “Form follow Function” yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´

1916, Dadaisme

Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-23) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.

1916, De Stijl

Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.

1918, Constructivism

Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Gamabr dibawah adalah model dari Menara Tatlin, suatu monumen untuk Komunis Internasional

1919, Bauhaus

Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.

1928-1930, Gill Sans

Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility).

1931, Harry Beck

Perancanggrafis Harry Back ( 1903-1974) menciptakanpetabawahtanah London (London Underground Map) padatahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan di mana harus berganti kereta.

1950s, International Style

International atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.



1951, Helvetica

Diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica mempunyai 51 model.

1960s, Psychedelia and Pop Art

Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.

1984, Émigré

Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.
. Kategori-kategori dan produk-produk desain grafis
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
a.       Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
b.      Web Desain: desainuntukhalaman web.
c.       Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untukpromosi.
d.      Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) :merupakandesain profesional yang mencakupdesaingrafis, desainarsitek, desainindustri, danarsitek taman.
e.       Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

C.    Program Pengolah Grafis
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. Ada beberapa macam Produk/Aplikasi desain grafis :
1.      Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout).
2.      AplikasiPengolahVektor/Garis.
3.      AplikasiPengolah Pixel/Gambar.
4.      AplikasiPengolah Film/Video.
5.      AplikasiPengolah Multimedia.
Teori yang di butuhkan untuk menjadi desainer
Desainer grafis bertanggung jawab antara lain untuk membuat logo, desain kemasan, materi promosi format cetak maupun internet dll, yang bertujuan untuk membantu aktifitas pemasaran suatu perusahaan / organisasi.
Untuk menjadi desainer grafis yang berhasil, harus mempunyai motivasi yang kuat dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal berkomunikasi untuk menyampaikan idenya dan skill untuk mengerjakan ide tersebut.
Karya Seni identik dengan suatu yang unik. Oleh karenanya seorang seniman dalam melahirkan karyanya selalu mencari bentuk, bentuk baru. Untuk itu diperlukan sesuatu yang unik. Ini berarti sesuatu yang belum pernah atau mungkin jarang dipakai oleh seniman lain pada karya-karya sebelumnya.
Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual.




D.   Ruang lingkup pekerjaan desain grafis
Secara garis besar, desain grafis meliputi:
1.      Percetakan/printing/media cetak meliputi desain buku, majalah, poster, pamflet, periklanan, majalah, surat kabar, tabloid dll.
2.      Web Desain.
3.      Animasi, Film, desainarsitek, dandesainindustri.
Ruang lingkup desain grafis selain itu masih banyak lagi seperti: cover buku, layout halaman, cover CD/DVD, brosur, poster, Baliho, undangan, kartu nama, sign sistem, logo, web desain, animasi, packaging/kemasan, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan dll.

-         Tugas-tugas seorang desainer grafis
Tugas utama seorang desainer grafis adalah menjadi pemecah masalah (problem solver) untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual.Misalnya ada sebuah proyek untuk membuat poster sebuah restoran ayam panggang.Si klien menginginkan produknya tampak menarik, enak dan mengundang selera.Desainer grafis bertanggung jawab untuk mewujudkan komunikasi verbal tersebut menjadi sebuah karya komunikasi visual agar pesan tersebut lebih mudah diterima konsumen dan tentu saja mencitrakan rasa enak dan lezat dari produk restoran tersebut.
1.      Dimana saja desainer grafis bisa bekerja
Desainer grafis biasanya bekerja di percetakan, penerbit, image setting, foto studio, biro iklan, productions house (PH) atau di kamar sebagai desainer lepas/freelancer dll. Desainer grafis bisa juga bekerja di perusahaan yang tidak ada hubungannya langsung dengan media-media tersebut. Kemungkinannya dapat dipekerjakan sebagai karyawan atau rekanan yang tugasnya membuat tampilan laporan, presentassi, proposal, desain spanduk, promosi dll. Oleh karena itu setiap orang secara individu atau perusahaan memerlukan pekerjaan desain grafis. Mana ada perusahaan yg tidak memiliki kartu nama, kop surat, amplop dll. itu semua adalah lahan kerjaan desainer grafis.

E.   Langkah-2 untuk menjadi seorang desainer grafis
  1. Ekspresidarijiwaanda.
  2. FleksibilitaskearahDesain Website atauDesainPercetakan.
  3. Banyak klien dengan pangsa pasar yang luas.
  4. Bekerjasecara Freelance atauparuhwaktu.
  5. Bikin Studio Desaindanjalankanbisnis.
  6. Kerja dari rumah menjalankan bisnis.
1.     software pengolah grafis yang perlu dikuasai seorang desainer grafis
Beberapa software desain grafis yang sering digunakan antara lain:
-          Adobe PhotoshopSoftware ini merupakan software pengolah gambar yang paling lengkap dan canggih. Kemampuansoftware ini dalam memperbaiki gambar dan foto sudah tak diragukan lagi.
Software ini menjadi salah satu software yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang desain grafis. Memang tidak mudah mempelajari dan menggunakan software ini, tetapi di internet terdapat berbagai tutorial yang bisa Anda gunakan. Terdapat tutorial untukpemulasampai tutorial untuktingkatmahir.
-          CoreldrawSoftware inibanyakdigunakanolehparadesaingrafisuntukberbagaikebutuhan. Salah satukebutuhan yang bisadipenuhioleh software iniadalahkebutuhandidalambidangpromosi. Software inicocokuntukmembuatdesain brosur, poster, spanduk, dandesainlainnya.Hasilnyamerupakan file denganekstensicdr yangbisajugaAndaeksportke format lain, seperti format gambar.   
-Adobe FreehandSoftware desaininisebenarnyaduludimilikiolehperusahaan Macromedia. Namunsejaktahun 2005, Macromedia dibelioleh Adobe termasukFreehand di dalamnya. SejakitulahFreehandmenjadi Adobe Freehand.
Ada macam-macam software yang dimilikioleh Adobe, termasukIlustrator yang sangatmirip Freehand. Oleh karena itu, Freehand tidak mengalami banyak perkembangan saat diambil oleh Adobe. Walau demikian, bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Freehand, akan tahu bahwa software ini sangat cocok untuk desain terutama di dalam pembuatan layout buku, koran dan majalah.
-          Adobe Ilustrator
Seperti yang sudah saya paparkan di atas, Ilustrator adalah salah satu software yang menjadi andalan Adobe. Oleh karena itu, banyak versi software ini yang sudah dikeluarkan untuk melengkapi kemampuannya dalam desain grafis. Ada banyak peralatan desain yang ditanamkan dalam software ini. Untuk itulah diperlukan keuletan dalam mempelajari penggunaan software ini.
Ada banyak software desain grafis yang bisa Anda pakai. Sebenarnya macam-macam software itu mempunyai prinsip kerja yang sama. SemuatergantungdarikebiasaanAndasebagaipengguna softwaretersebut.
F. Tips-tips belajar desain grafis secara otodidak
1)      Kenali cara berpikir anda.
2)      Pelajari prinsip instruksional desain.
3)      Tentukan bidang desain.
4)      Pelajari software desain yang sesuai.
5)      Belajarlah dari seorang ahli.
6)      Kurangi bertanya, gunakan Google.
7)      Buat atau gabung komunitas.
8)      Kurangi pengalih perhatian.
9)      Aturlah lingkungan anda.
10)  Mulai dengan garis besar baru menuju detail.
11)  Tentukan tujuan anda sekarang.
BAB II
SIMPULAN
Kesimpulan
Desainergrafisbertanggungjawabantara lain untukmembuat logo, desainkemasan, materipromosi format cetakmaupun internet dll, yang bertujuanuntukmembantuaktifitaspemasaransuatuperusahaan / organisasi.Untukmenjadidesainergrafis yang berhasil, harusmempunyaimotivasi yang kuatdalammeningkatkankemampuannyadalamhalberkomunikasiuntukmenyampaikanidenyadan skill untukmengerjakan ide tersebut.




DAFTAR PUSTAKA
Bahan-bahan yang sayadapatberasaldariberbagaisumberdari website atausitusdarigoogle, seperti :
  1. file:///K:/12-Langkah-Menjadi-Desainer-Grafis-Profesional-Dengan-Coreldraw-12.htm
  2. file:///K:/2004458%20Topic%205769.htm
  3. file:///K:/cara-menjadi-desainer-grafis.html
  4. file:///K:/teori-desain-grafis.html
  5. file:///K:/topic.php.htm
  6. file:///K:/Seluk%20Beluk%20Desain%20Suratkabar%20%C2%AB%20%20%20nomo-grafis.htm
  7. file:///D:/cara-desainer-grafis-mendapat-bayaran.html
  8. file:///D:/11-tips-belajar-desain-otodidak.html
  9. file:///D:/topic.php.htm
  10. file:///D:/apa-itu-it-is.html
  11. file:///D:/Garis%20Waktu%20Sejarah%20Desain%20Grafis%20%C2%AB%20Fabolous%20Se7en%20TD1%20B.htm
  12. file:///D:/Kategori%C2%A0Desain%C2%A0Grafis%20%C2%AB%20More%20Dreams%20More%20Acts.htm




2 komentar: