SEMOGA BERMANFAAT BAGI SOBAT
Kata Pengantar
Puji syukur saya ucapkan
atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan makalah mengenai Desain Grafis ini dapat terselesaikan dengan begitu
baik. Tujuan pembuatan makalah ini karena berdasarkan tugas dalam mata
kuliah Desain grafis
Dalam makalah ini tersusun beberapa hal dalam hubungannya tentangDesain
Grafis. Didalam makalah ini kita dapat mempelajari tentang Pengertian dariDesain
Grafis, Software-software yang digunakan dalam Desain Grafis, serta
Aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai dalam membuat Desain Grafis.
Akhir kata, kirannya makalah ini dapat menambah wawasan kita mengenaiDesain
Grafis dan dapat dipergunakan
dengan semestinya
Metro, September 2011
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
C.
Program pengolah grafis.................................................................... ....... 6
D. Ruang lingkup pekerjaan desain grafis.............................................. ....... 7
1. Dimana
saja desain grafis bisa bekerja
E. Langkah-langkah
untuk menjadi seorang desain grafis............................... 8
1. Software
pengolah grafis yang perlu dikuasai-
Oleh
seorang desain grafis
F. Tips-tips belajar desain grafis secara
otodidak.......................................... 9
BAB II SIMPULAN........................................................................................ ..... 10
Simpulan............................................................................................................ ..... 10
Saran................................................................................................................. ..... 11
DAFTAR PUSTAKA
BAB II
PEMBAHASAN
A. Desain grafis
Banyak orang seringkali
bingung dengan beberapa istilah yang hampir sama. Kita seringkali mendengar
tentang istilah yang hampir mirip selain desain komunikasi visual, yaitu desain
grafis dan seni grafis.
Istilah desain
komunikasi visual sendiri sudah dijelaskan di atas. Sedangkan desain grafis
sendiri memang salah satu istilah yang paling sering disalahtukarkan dengan
Desain komunikasi visual. Memang keduanya sangat berhubungan erat, namun
sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya.
Desaingrafisatau
Graphic Design.Kata grafismenurutetimologiadalahberasaldari kata
graphic (bahasaInggris) yang berasaldaribahasa Latin graphē (yang diadopsi kata
Yunanigraphos), yang berartimenulis, menggoresataumenggambardiatasbatu.
Desainsendirimerupakan proses pemikirandanperasaan yang akanmenciptakansesuatu, denganmenggabungkanfakta, konstruksi, fungsidanestetikauntukmemenuhikebutuhanmanusiaatauDesaingrafisjuga bias diartikansuatukonseppemecahanmasalahrupa, warna, bahan, teknik, biaya, gunadanpemakaian yang diungkapkandalamgambardanbentuk.
Desainsendirimerupakan proses pemikirandanperasaan yang akanmenciptakansesuatu, denganmenggabungkanfakta, konstruksi, fungsidanestetikauntukmemenuhikebutuhanmanusiaatauDesaingrafisjuga bias diartikansuatukonseppemecahanmasalahrupa, warna, bahan, teknik, biaya, gunadanpemakaian yang diungkapkandalamgambardanbentuk.
Dalamdesaingrafismasalahnyamencakupberbagaibidangsepertiteknikperencanaangambar,
bentuk, simbol, huruf, fotografidan proses cetakdisertai pula
denganpengetahuantentangbahandanbiaya.
BiasanyaDesaingrafisbiasanyaditerapkanuntuk media-media statis, sepertibuku,
majalah, danbrosurtetapisejalandenganperkembanganzaman,
desaingrafisjugaditerapkandalam media elektronik, yang sering kali
disebutsebagaidesaininteraktifataudesain multimedia.
Tujuandesaingrafisselainmenciptakandesainatauperencanaanfungsionalestetis,
namunjuga yang informatifdankomunikatifdenganmasyarakat yang dilengkapi pula
denganpemahamanmengenaipsikologimassadanteori-teoripemasaran,
sehinggakarya-karyadesaingrafisinibisamerupakanalatpromosi yang ampuh.
Dari
sinilahDesaingrafisjugasepertijenisdesainlainnyamerujukkepada proses pembuatan,
metodamerancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplinilmu yang
digunakan (desain).
B.
Sejarahdanperkembangandesaingrafis
GarisWaktuSejarahDesainGrafis
Desain grafis berkembang
pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan
tulisan dan mesin cetak. Perjalanandesaindangayahuruflatinmulaiditerapkanpadaawalmasakejayaankerajaan
ROMAWI. KejayaankerajaanRomawi di abadpertama yang berhasilmenaklukkanYunani,
membawaperadabanbarudalamsejarah Barat dengandiadaptasikannyakesusasteraan,
kesenian, agama, sertaalfabet Latin yang dibawadariYunani.Padaawalnyaalfabet
Latin hanyaterdiridari 21 huruf : A, B, C, D, E, F, G, H, I, K, L, M, N, O, P,
Q, R, S, T, V, dan X, kemudianhuruf Y dan Z ditambahkandalamalfabet Latin
untukmengakomodasi kata yang berasaldaribahasaYunani. Tigahuruftambahan J, U
dan W dimasukkanpadaabadpertengahansehinggajumlahkeseluruhanalfabet Latin
menjadi 26.
Ketikaperguruantinggipertama
kali berdiri di Eropapadaawalmileniumkedua, bukumenjadisebuahtuntutankebutuhan
yang sangattinggi. Teknologi cetak belum
ditemukan pada masa itu, sehingga sebuah buku harus disalin dengan tangan.
Konon untuk penyalinan sebuah buku dapat memakan waktu berbulan-bulan. Guna
memenuhi tuntutan kebutuhan penyalinan berbagai buku yang semakin meningkat
serta untuk mempercepat kerja para penyalin (scribes), maka lahirlah huruf Blackletter Script, berupa
huruf kecil yang dibuat dengan bentuk tipis-tebal dan ramping. Efisiensi dapat
terpenuhi ewat bentuk huruf ini karena ketipis tebalannya dapat mempercepat
kerja penulisan. Disamping itu, dengan keuntungan bentuk yang indah dan
ramping, huruf-huruf tersebut dapat ditulisakan dalam jumlah yang lebih banyak
diatas satu halaman buku.
Berikut ini adalah
peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan desain grafis. Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin
cetak yang bisa digerakkan pada tahun 1447 dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
1851, The Great Exhibition
Diselenggarakan di taman
Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851,pada saat Revolusi industri.
Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi
industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang
dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph
Paxton.
1892, Aristide Bruant, Toulouse-Lautrec
Pelukis post-Impressionist
dan ilustrator art nouveau Prancis, Henri Toulouse-Lautrec melukiskan banyak
sisi Paris pada abad ke sembilan belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan
sebuah simpati terhadap ras manusia. Walaupun lithography ditemukan di Austria
oleh Alois Senefelder pada tahun 1796, Toulouse-Lautrec membantu tercapainya
peleburan industri dan seni.
1910, Modernisme
Modernisme terbentuk
oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang
menjadi nafas desain modern adalah “Form follow Function” yang di lontarkan
oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang
juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi
lebih cocok dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat
ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´
1916, Dadaisme
Suatu pergerakan seni
dan kesusasteraan (1916-23) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia
Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan
kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaism membawa gagasan baru, arah dan
bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan
yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum
keindahan.
1916, De Stijl
Gaya yang berasal dari
Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan
sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl
menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan
komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang
oleh Gerrit Rietveld.
1918, Constructivism
Suatu pergerakan seni
modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan
metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia
berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna
merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Gamabr dibawah adalah model dari
Menara Tatlin, suatu monumen untuk Komunis Internasional
1919, Bauhaus
Bauhaus dibuka pada
tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya
harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk
mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada
fungsi bukannya hiasan.
1928-1930, Gill Sans
Tipograper Eric Gill
belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam
Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi
klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu
kemampuan beraneka ragam (great versatility).
1931, Harry Beck
Perancanggrafis Harry
Back ( 1903-1974) menciptakanpetabawahtanah London (London Underground Map)
padatahun 1931. Sebuah pekerjaan abstrak
yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan pada kebutuhan
pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke stasiun yang lain dan
di mana harus berganti kereta.
1950s, International Style
International atau Swiss
style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl,
Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid,
prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan
sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal
daripada ungkapan pribadi.
1951, Helvetica
Diciptakan oleh Max
Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica adalah salah satu tipe huruf
yang paling populer dan terkenal di dunia. Berpenampilan bersih, tanpa
garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada huruf Akzidenz-Grotesk. Pada
awalnya disebut Hass Grostesk, nama tersebut diubah menjadi Helvetica pada
tahun 1960. Helvetica keluarga mempunyai 34 model ketebalan dan Neue Helvetica
mempunyai 51 model.
1960s, Psychedelia and Pop Art
Kultur yang populer pada
tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah
diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop
Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar
dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet
Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6
juta eksemplar.
1984, Émigré
Majalah disain grafis
Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh,
dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP).
Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.
. Kategori-kategori dan
produk-produk desain grafis
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
a. Printing (Percetakan) yang memuat
desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan
publikasi lain yang sejenis.
b. Web Desain: desainuntukhalaman web.
c. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia
untukpromosi.
d. Identifikasi (Logo), EGD
(Environmental Graphic Design) :merupakandesain profesional yang
mencakupdesaingrafis, desainarsitek, desainindustri, danarsitek taman.
e. Desain Produk, Pemaketan dan
sejenisnya.
C. Program
Pengolah Grafis
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa
kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan
dan tujuan pembuatan karya. Ada beberapa macam Produk/Aplikasi desain grafis :
1. Aplikasi
Pengolah Tata Letak (Layout).
2. AplikasiPengolahVektor/Garis.
3. AplikasiPengolah
Pixel/Gambar.
4. AplikasiPengolah
Film/Video.
5. AplikasiPengolah
Multimedia.
Teori yang di butuhkan untuk
menjadi desainer
Desainer grafis bertanggung jawab antara lain untuk
membuat logo, desain kemasan, materi promosi format cetak maupun internet dll,
yang bertujuan untuk membantu aktifitas pemasaran suatu perusahaan /
organisasi.
Untuk menjadi desainer grafis yang berhasil, harus mempunyai motivasi yang kuat dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal berkomunikasi untuk menyampaikan idenya dan skill untuk mengerjakan ide tersebut.
Untuk menjadi desainer grafis yang berhasil, harus mempunyai motivasi yang kuat dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal berkomunikasi untuk menyampaikan idenya dan skill untuk mengerjakan ide tersebut.
Karya Seni identik dengan suatu yang unik. Oleh karenanya
seorang seniman dalam melahirkan karyanya selalu mencari bentuk, bentuk baru.
Untuk itu diperlukan sesuatu yang unik. Ini berarti sesuatu yang belum pernah
atau mungkin jarang dipakai oleh seniman lain pada karya-karya sebelumnya.
Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari
tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya
kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan,
foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi
yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara
perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan
dalam bentuk komunikasi visual.
D. Ruang lingkup pekerjaan desain grafis
Secara garis besar, desain grafis meliputi:
1. Percetakan/printing/media cetak
meliputi desain buku, majalah, poster, pamflet, periklanan, majalah, surat
kabar, tabloid dll.
2. Web
Desain.
3. Animasi,
Film, desainarsitek, dandesainindustri.
-
Tugas-tugas seorang desainer grafis
Tugas utama seorang desainer grafis adalah menjadi
pemecah masalah (problem solver) untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk
visual.Misalnya ada sebuah proyek untuk membuat poster sebuah restoran ayam
panggang.Si klien menginginkan produknya tampak menarik, enak dan mengundang
selera.Desainer grafis bertanggung jawab untuk mewujudkan komunikasi verbal
tersebut menjadi sebuah karya komunikasi visual agar pesan tersebut lebih mudah
diterima konsumen dan tentu saja mencitrakan rasa enak dan lezat dari produk restoran
tersebut.
1. Dimana saja desainer grafis bisa bekerja
Desainer grafis
bisa juga bekerja
E.
Langkah-2
untuk menjadi seorang desainer grafis
- Ekspresidarijiwaanda.
- FleksibilitaskearahDesain Website atauDesainPercetakan.
- Banyak klien dengan pangsa pasar yang luas.
- Bekerjasecara Freelance atauparuhwaktu.
- Bikin Studio Desaindanjalankanbisnis.
- Kerja dari rumah menjalankan bisnis.
1.
software
pengolah grafis yang perlu dikuasai seorang desainer grafis
Beberapa software desain grafis yang sering digunakan
antara lain:
-
Adobe PhotoshopSoftware ini merupakan software pengolah gambar yang paling lengkap
dan canggih. Kemampuansoftware ini
dalam memperbaiki gambar dan foto sudah tak diragukan lagi.
Software ini
menjadi salah satu software yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh
seorang desain grafis. Memang tidak mudah mempelajari dan menggunakan software ini, tetapi di internet terdapat
berbagai tutorial yang bisa Anda gunakan. Terdapat tutorial untukpemulasampai tutorial
untuktingkatmahir.
-
CoreldrawSoftware inibanyakdigunakanolehparadesaingrafisuntukberbagaikebutuhan.
Salah satukebutuhan yang bisadipenuhioleh software iniadalahkebutuhandidalambidangpromosi. Software inicocokuntukmembuatdesain brosur, poster, spanduk, dandesainlainnya.Hasilnyamerupakan
file denganekstensicdr yangbisajugaAndaeksportke format lain, seperti format
gambar.
-Adobe
FreehandSoftware desaininisebenarnyaduludimilikiolehperusahaan
Macromedia. Namunsejaktahun 2005, Macromedia dibelioleh Adobe termasukFreehand
di dalamnya. SejakitulahFreehandmenjadi Adobe Freehand.
Ada macam-macam software yang dimilikioleh Adobe,
termasukIlustrator yang sangatmirip Freehand. Oleh karena itu, Freehand tidak mengalami banyak
perkembangan saat diambil oleh Adobe. Walau demikian, bagi mereka yang sudah
terbiasa menggunakan Freehand, akan tahu bahwa software ini sangat cocok untuk desain terutama
di dalam pembuatan layout buku, koran dan majalah.
-
Adobe Ilustrator
Seperti yang sudah saya paparkan di atas, Ilustrator
adalah salah satu software yang menjadi andalan Adobe. Oleh
karena itu, banyak versi software ini yang sudah dikeluarkan untuk
melengkapi kemampuannya dalam desain grafis. Ada banyak peralatan desain yang
ditanamkan dalam software ini. Untuk itulah diperlukan keuletan
dalam mempelajari penggunaan software ini.
Ada banyak software desain grafis yang bisa Anda pakai.
Sebenarnya macam-macam software itu mempunyai prinsip kerja yang sama. SemuatergantungdarikebiasaanAndasebagaipengguna softwaretersebut.
F. Tips-tips belajar desain grafis secara otodidak
1) Kenali cara berpikir anda.
2) Pelajari prinsip instruksional desain.
3) Tentukan bidang desain.
4) Pelajari software desain yang sesuai.
5) Belajarlah dari seorang ahli.
6) Kurangi bertanya, gunakan Google.
7) Buat atau gabung komunitas.
8) Kurangi pengalih perhatian.
9) Aturlah lingkungan anda.
10) Mulai
dengan garis besar baru menuju detail.
11) Tentukan
tujuan anda sekarang.
BAB II
SIMPULAN
Kesimpulan
Desainergrafisbertanggungjawabantara lain untukmembuat logo,
desainkemasan, materipromosi format cetakmaupun internet dll, yang
bertujuanuntukmembantuaktifitaspemasaransuatuperusahaan /
organisasi.Untukmenjadidesainergrafis yang berhasil, harusmempunyaimotivasi
yang
kuatdalammeningkatkankemampuannyadalamhalberkomunikasiuntukmenyampaikanidenyadan
skill untukmengerjakan ide tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Bahan-bahan yang
sayadapatberasaldariberbagaisumberdari website atausitusdarigoogle, seperti :
- file:///K:/12-Langkah-Menjadi-Desainer-Grafis-Profesional-Dengan-Coreldraw-12.htm
- file:///K:/2004458%20Topic%205769.htm
- file:///K:/cara-menjadi-desainer-grafis.html
- file:///K:/teori-desain-grafis.html
- file:///K:/topic.php.htm
- file:///K:/Seluk%20Beluk%20Desain%20Suratkabar%20%C2%AB%20%20%20nomo-grafis.htm
- file:///D:/cara-desainer-grafis-mendapat-bayaran.html
- file:///D:/11-tips-belajar-desain-otodidak.html
- file:///D:/topic.php.htm
- file:///D:/apa-itu-it-is.html
- file:///D:/Garis%20Waktu%20Sejarah%20Desain%20Grafis%20%C2%AB%20Fabolous%20Se7en%20TD1%20B.htm
- file:///D:/Kategori%C2%A0Desain%C2%A0Grafis%20%C2%AB%20More%20Dreams%20More%20Acts.htm
mas knpa tidak ad saranya???
BalasHapusartikel desain grafis yang menarik kunjungi duniadesign
BalasHapus